Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kini smartphone sudah menjadi salah satu bagian dari hidup kita. Mau sambil makan, kerja, main, hingga sebelum tidur pun kita masih memegang perangkat canggih tersebut. Lalu kalian semua tentu menyadari dong bahwa smartphone akan sangat mudah untuk menjadi panas seiring dengan pemakaian yang intens.

Tapi, bentuk pemakaian apa sih yang sebenarnya menyumbang panas yang berlebihan? Bukan cuma aktivitas menelepon dan bermain game doang lho. Melalui artikel ini, kami akan kasih tau kamu faktor-faktor tersembunyi apa lagi sih yang dapat membuat smartphone menjadi panas dan overheat.

1. Intensitas Penggunaan Kamera yang Tinggi dan Resolusi yang Terlalu Besar

smartphone-overheat-1

Untuk kamu-kamu yang menggunakan smartphone dengan resolusi tinggi seperti di atas 15 Megapiksel, pasti akan sering merasakan gangguan seperti ini. Smartphone dengan kamera beresolusi tinggi memiliki kemungkinan yang besar untuk mengalami overheat. HP canggih seperti Sony Xperia Z5, LG G4, hingga Xiaomi Mi 5 memang dilengkapi dengan kamera keren dengan resolusi yang super besar. Namun semua itu tidak seimbang dengan panas yang dihasilkan. Situasi ini akan semakin memburuk jika HP juga digunakan di luar ruangan dan terpapar matahari langsung.

2. Virus Juga Menyumbang Panas Tanpa Disadari

smartphone-overheat-2

Kata siapa virus dan malware tidak berimbas kepada performa hardware? Beberapa virus dapat mencederai perangkat keras yang berada di dalam smartphone kesayangan kamu lho. Kasus ini terjadi terutama bagi smartphone yang terjangkit dengan virus yang selalu memanggil sebuah proses secara terus menerus dan berkelanjutan. Tindakan yang menyebalkan tersebut selain menguras habis memori yang ada, ia juga akan mengaktifkan prosesor secara terus-menerus sehingga meningkatkan suhu smartphone dan menurunkan daya tahan baterai.

3. Case Smartphone yang Memerangkap Panas

smartphone-overheat-3

Case untuk smartphone memang unik-unik dan menarik untuk digunakan. Selain warnanya yang variatif, modelnya juga bermacam-macam sehingga membuat penggunanya tidak bosan. Namun perlu disadari bahwa tidak semua case smartphone memiliki ventilasi udara yang baik. Justru banyak sekali di luaran sana yang terbuat dari bahan yang memerangkap panas smartphone sehingga suhu akan terus meningkat seiring dengan pemakaian. Kondisi ini sering terjadi dengan case armor yang tebal demi meredam guncangan.

4. Cek Selalu Kondisi Baterai dan Charger

smartphone-overheat-4

Poin ini memang terdengar klise, namun tetap harus kita bahas agar tidak ada lagi orang yang terancam bahaya akibat penggunaan charger dan baterai yang salah. Untuk kamu yang masih menggunakan smartphone lama, maka sudah tau dong bahwa beberapa di antaranya belum dilengkapi dengan pemotong aliran listrik ketika kondisi baterai sudah penuh. HP dengan baterai jenis tersebut harus tetap dijaga agar tidak di-charge melebihi muatan yang disediakan. Jika dibiarkan terlalu lama, proses charge akan terkonversi menjadi panas yang berlebih.

Tapi untuk kamu yang menggunakan smartphone jenis baru, bukan berarti aman-aman saja. Memakai smartphone ketika sedang di-charge juga menyimpan bahayanya sendiri. Selain membuat proses charge menjadi lebih lama, suhu dari keseluruhan smartphone juga akan dengan mudah meningkat dan membahayakan pengguna.

5. Menjawab Mitos: Apakah WiFi Dapat Membuat Smartphone Panas?

smartphone-overheat-5

Jawabannya ialah: secara langsung sih tidak. Bukan WiFi yang membuat smartphone menjadi lebih mudah panas akan tetapi aktivitas penggunaan HP-nya yang lebih intens. Seperti kita ketahui bahwa orang-orang yang menggunakan WiFi cenderung untuk memakai smartphone lebih sering, terutama di area-area tertentu yang terbatas. Orang cenderung untuk tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapatkan koneksi WiFi sehingga membuat smartphone lebih sering menyala dan kemudian panas.

Itu dia lima faktor tersembunyi yang dapat membuat smartphone kamu panas dan overheat.

Sumber: jalantikus.com

Pin It on Pinterest