android sering menutup aplikasi sendiri, Tentunya Rabu merupakan salah satu hari yang spesial di karena akan mengulas artikel pada kategori Bengkel. Bisa dibilang artikel kategori ini akan membantu dalam mengatasi permasalahan seputar gadget, baik software maupun hardware yang biasanya terjadi di dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan kali ini, redaksi telah mendapatkan pertanyaan mengenai alasan mengenai aplikasi yang sering tertutup sendiri di smartphone atau HP Android. Untuk itu, tim Gadgeter akan memberikan penjelasan hal ini terjadi lengkap dengan solusinya.

Pertanyaan :

Mengapa aplikasi di HP Android sering tertutup sendiri?

Jawaban :

Aplikasi merupakan salah satu aspek terpenting dalam sebuah smartphone atau HP Android. Tanpa adanya aplikasi, smartphone atau HP Android tidak akan menarik karena fungsinya akan minim dan membuat penggunanya cepat bosan.

Selain itu, banyak juga aplikasi yang berguna untuk membantu penggunanya dalam kegiatan sehari-hari, baik untuk mencatat, menghitung, reminder, telepon, SMS, chat, dan masih banyak lagi.

Namun biasanya hal yang tidak diinginkan pun terjadi, dimana aplikasi secara tiba-tiba force close atau tertutup sendiri. Kalau satu atau dua kali masih bisa dimaklumi, akan tetapi apabila aplikasi ini sering force close tentu saja akan membuat jengkel.

Biasanya aplikasi di smartphone atau HP Android sering force close disebabkan oleh file cache yang menumpuk, data apk yang corrupt, temporary data error, apk masih beta, smartphone tidak kompatibel, sistem Android yang error karena telah di-root, versi Android yang tidak kompatibel dengan aplikasi, aplikasi belum update, hingga hardware smartphone sudah mulai rusak.

Untuk itu, saya akan memberikan solusi kepada agar bisa membuat aplikasi yang tertutup sendiri atau force close tersebut dapat berjalan dengan normal. Bagi  yang penasaran maka dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini

Clear Cache atau Data Aplikasi

Salah satu alasan utama aplikasi sering tertutup sendiri atau force close biasanya disebabkan oleh file cache yang banyak atau menumpuk. Terutama apabila smartphone memiliki RAM yang kecil sehingga menyebabkan beban smartphone semakin tinggi dan sistem terpaksa menutup aplikasi yang berat dijalankan secara otomatis.

Untuk itu, dapat masuk ke menu Settings dan langsung memiliki Application atau Aplikasi. Selanjutnya, dapat memilih aplikasi yang sering force close dan memilih untuk Clear Cache serta Clear Data. Namun data-data dari aplikasi akan terhapus sehingga perlu melakukan login pada aplikasi yang membutuhkan username dan password.

Update Aplikasi

Terkadang masalah sering tertutupnya aplikasi disebabkan oleh versinya yang bisa dibilang telah usang sehingga sudah tidak kompatibel lagi dengan sistem operasi yang dimiliki. Untuk itu, Gadgeter dapat melakukan update versi terbaru untuk menyegarkan kembali aplikasi sehingga kinerjanya meningkat karena telah terjadi penambahan fitur maupun perbaikan bug.

Instal Ulang Aplikasi

Bagi yang tidak mau ambil pusing, mungkin instal ulang dapat menjadi salah satu solusi yang mudah. Biasanya dengan melakukan instal ulang, banyak aplikasi yang dapat berjalan kembali dengan normal.

Untuk itu, dapat menghapus atau uninstall aplikasi di smartphone atau HP Android dan menginstalnya kembali dari Google Play Store sehingga mendapatkan yang lebih bersih serta update.

Sumber: gadgetren.com

Pin It on Pinterest